Kamis, 24 November 2016

Permainan Sepak Bola

Permainan Sepak Bola – Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, Peraturan
PENGERTIAN PERMAINAN SEPAK BOLA
Pengertian Permainan Sepak Bola
         Siapa yang tidak kenal dengan permainan sepak bola? Sepak bola merupakan olahraga yang menggunakan bola yang pada umumnya terbuat dari bahan kulit. Permainan sepak bola terdiri dari dua tim yang masing-masing timnya beranggotakan sebelas pemain.
Olahraga yang sangat digemari di seluruh dunia ini dimainkan pada lapangan terbuka berbentuk persegi empat. Tujuan permainan sepak bola adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan.

SEJARAH PERMAINAN SEPAK BOLA
Sejarah Permainan Sepak BolaSejarah sepak bola dimulai di Tiongkok pada awal abad ke-2 sebelum Masehi. Pada masa Dinasti Han, masyarakat sudah memainkan permainan menggiring bola kulit lalu menendangnya ke dalam jaring kecil. Permainan tersebut kemudian meluas hingga Jepang dan disebut dengan Kemari. Permainan menggiring bola tersebut juga mulai digemari di Italia pada abad 16.
Setelah dikenal di Inggris, permainan sepak bola mulai berkembang menjadi jauh lebih modern. Sepak bola pun tumbuh menjadi sebuah kompetisi yang menjanjikan sekaligus menghibur. Tak jarang kompetisi sepak bola di beberapa wilayah di Inggris menimbulkan kericuhan. Atas alasan tersebut, Raja Edward III akhirnya mengeluarkan larangan permainan sepak bola pada tahun 1365. Pelarangan tersebut juga didukung oleh Raja James I dari Skotlandia.
Pada tahun 1815, permainan sepak bola kembali hidup dan banyak dimainkan di lingkungan sekolah dan universitas. Permainan sepak bola modern lahir di Freemasons Tavern pada tahun 1863. Pada saat itu, puluhan sekolah dan klub duduk bersama demi merumuskan aturan permainan sepak bola. Pada tahun 1869, aturan permainan sepak bola yang memuat larangan menyentuh bola saat permainan sedang berlangsung pun mulai diberlakukan. Pada masa itu, permainan sepak bola dikenalkan ke sluruh dunia oleh para pelaut, tentara, dan pedagang yang berkelana ke belahan dunia lain. Kemudian, pada tahun 1904, dibentuklah badan resmi yang mengatur klub-klub sepak bola di dunia bernama FIFA.

SEJARAH PERMAINAN SEPAK BOLA DI INDONESIA
Sejarah Permainan Sepak Bola di IndonesiaSecara resmi, berkembangnya permainan sepak bola di Indonesia diawali dengan didirikannya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta pada tanggal 19 April 1930. Pimpinan PSSI pertama kala itu yakni Soeratin Sosrosoegondo. Sejak didirikannya PSSI, permainan sepak bola mulai sering dikompetisikan di Indonesia. Masyarakat pun semakin familier dengan permainan menggiring bola yang satu ini. Sebagai bentuk apresiasi atas perkembangan sepak bola Indonesia, Paku Buwono X mendirikan stadion sepak bola pertama yang diberi nama StadionSriwedari.

Sepeninggal Soeratin, dunia persepakbolaan Indonesia tidak banyak menunjukkan prestasi dan perkembangan yang berarti. Pada tahun 1970-an beberapa pemain sepak bola nasional sempat unjuk kebolehan di kejuaraan internasional. Pemain-pemain tersebut di antaranya adalah Ronny Pattinasarani, Sucipto Suntoro, Ramang, danLatief Harris Tanoto. Berbagai kejuaraan pun digelar PSSI untuk menyemarakkan sepak bola Indonesia. Kejuaraan yang digelar oleh PSSI tersebut di antaranya adalah Liga Super Indonesia, Divisi Utama, Divisi Satu, Divisi Dua bagi pemainnon-amatir, serta Divisi Tiga untuk pemain amatir. Di samping itu, PSSI turut menggelar kejuaraan sepak bola wanita dan kompetisi berdasarkan kategor umur (U-15, U-20, dan U-23).

TEKNIK DASAR SEPAK BOLA
Permainan sepak bola memiliki beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh para pemain. Teknik-teknik tersebut di antaranya adalah:
1.     Menendang (Kicking)
Teknik menendang merupakan karakteristik permainan sepak bola yang paling dominan. Teknik ini bertujaun untuk memberikan umpan serta menembak bola ke arah gawang lawan. Berdasarkan posisi kaki pada bola, teknik menendang dibedakan menjadi tiga kategori: menendang dengan kaki bagian dalam, menendang dengan kaki bagian luar, dan menendang dengan punggung kaki.
2.     Menghentikan Bola (Stopping)
Menghentikan bola juga termasuk ke dalam teknik dasar permainan sepak bola yang penggunaannya tidak dapat dilepaskan dari teknik menendang. Teknik menghentikan bola ini berguna untuk mengendalikan bola, mengatur tempo permainan, dan memudahkan untuk memberikan umpan pada pemain lainnya. Ada beberapa cara untuk mengendalikan bola, yakni dengan menggunakan punggung kaki, dada, paha, serta kepala jika keadaannya memungkinkan.
3.     Menggiring Bola
Pada dasarnya, teknik menggiring bola hampir sama dengan menendang. Hanya saja, ketika menggiring bola, kaki pemain cenderung lebih pelan dan terarah mengumpan bola pada pemain lainnya. Tujuan menggiring bola adalah untuk mengarahkan bola sesuai sasaran, melawati lawan, dan menghambat laju permainan lawan.
PERATURAN PERMAINAN SEPAK BOLA
Peraturan Permainan Sepak BolaFIFA selaku badan pengawas dan pengatur sepak bola seluruh dunia telah mengeluarkan aturan-aturan resmi terkait kompetisi sepak bola. Aturan-aturan tersebut di antaranya adalah:
1.     Peraturan Lapangan Sepak Bola

Pertandingan sepak bola resmi harus diselenggarakan di lapangan rumput hijau yang memiliki panjang 90-120 meter dan lebar 45-90 meter.
2.     Penggunaan Bola
Bola yang digunakan dalam kejuaraan sepak bola resmi harus memiliki ukuran diameter tidak lebih dari 28 inchi atau 70 centimeter dan tidak kurang dari 27 inchi atau 68 centimeter.
3.     Jumlah Pemain Sepak Bola
Permainan sepak bola dimainkan oleh dua tim yang masing-masing timnya beranggotakan sebelas orang pemain yang salah satunya penjaga gawang. Jika di dalam satu tim terdapat kurang dari tujuh pemain, maka permainan sepak bola tidak dapat dilanjutkan. Dalam sebuah pertandingan resmi, tiap tim hanya diizinkan melakukan pergantian pemain sebanyak tiga kali, sedangkan dalam pertandingan persahabatan, pergantian pemain dapat dilakukan sebanyak tujuh kali.
4.     Penggunaan Aksesoris
Aksesoris yang harus dikenakan saat bertanding adalah jersey, koas kaki, sarung tangan, dan pentutp kepala.
5.     Durasi Permainan Sepak Bola
Dalam satu kali pertandingan sepak bole terdiri dari dua babak yang masing-masing babaknya memiliki durasi 45 menit. Jeda pertandingan adalah selama 15 menit. Jika dalam dua kali 45 menit belum ada tim yang dapat dinyatakan menang, maka pertandingan akan dilanjutkan selama 2×15 menit.
6.     Kick-Off
Kick-off dilakukan di awal pertandingan, saat terjadi gol, awal babak kedua, dan awal babak perpanjangan waktu.
7.     Bola Keluar atau Out
Bola dinyatakan out apabila keluar dari garis gawang atau pada kasus tertentu misalnya saat ada pemain yang cedera, wasit meminta bola untuk dikeluarkan dari garis lapangan. Permainan dapat dilanjutkan dengan melakukan lemparan ke dalam atau throw in.
8.     Terciptanya Gol
Gol tercipta ketika bola berhasil masuk ke gawang lawan dan tidak dalam keadaan pelanggaran. Terciptanya gol dapat terjadi dengan dimasukannya bola oleh lawan, penalti, ataupun dengan bol bunuh diri. Skor dari setiap gol yakni 1 dan dianggap sah apabila wasit menyatakn sah.
9.     Offside
Offside terjadi apabila pemain berada di wilayah lawan, tidak ada bek dan hanya berhadapan dengan penjaga gawang.
10.   Tendangan Bebas

Tendangan bebas dapat di area tempat terjadinya pelanggaran dan dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Tendangan bebas secara langsung artinya tendangan tersebut diarahkan langsung ke arah gawang, sedangkan tendangan tidak langsung diarahkan pada pemain lain.
Baca Juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar